Sabtu, 11 Juli 2015

5 TREN TEKNOLOGI INFORMASI 2015


1. Smart Machines
Sejak 2014, dunia teknologi informasi dikejutkan dengan kemunculan teknologi bernama smart machines. Era smart machines ini diprediksikan akan menjadi salah satu bentuk disruptive innovation bagi industri teknologi. Smart machines yang akan berkembang meliputi aplikasi context awarenesssmart advisors,advanced global industrial systems, dan autonomous vehicles. Dengan kata lain, melalui smart machinesyang dibangun ini, sistem akan dengan mudahnya memahami lingkungannya, mempelajari sistemnya sendiri, dan, yang paling penting, dapat bekerja secara mandiri. Contohnya, autonomous vehicle. Ini adalah kendaraan yang dikendarai tanpa sopir, tetapi menggunakan robot atau sistem otomatis. Kendaraan dengan sistem smart machines ini bahkan dikembangkan oleh pemerintah Inggris untuk dapat beroperasi mulai 2017 mendatang.
2. Cloud Computing
Perkembangan cloud computing telah menjadi tren yang makin berkembang di dunia teknologi informasi. Sejak 2012, cloud-based application menjadi pilihan perusahaan dalam hal efisiensi kinerjanya. Di tahun 2013, personal cloud mulai menggantikan peran personal computer (PC) dalam keseharian masyarakat. Tak hanya memanfaatkan berbagai layanan yang diberikan oleh vendorpersonal cloud juga akan memengaruhi destinasi web dan konektivitas yang menjadi basis aktivitas komunikasi dan komputasi yang dikenal dengan istilah cloud-based services delivered across devices. Kepopuleran personal cloud telah menjadikan dunia bisnis berlomba untuk menggabungkan dua layanan, yaitu personal cloud dan private cloud services. Perusahaan teknologi informasi harus berinovasi dengan meluncurkan desain private cloud yang memberikan layanan terintegrasi serta memiliki interoperabilitas yang mudah.
3. Software-Defined Applications and Infrastructure
Aplikasi dan infrastruktur merupakan hal terpenting dalam area teknologi informasi di  dunia bisnis digital untuk memberikan layanan  yang fleksibel dan terintegrasi. Oleh karena itu, software-defined applications and infrastructure menjadi tren teknologi informasi bagi dunia bisnis yang mendapatkan perhatian lebih di tahun 2015 ini. Software-defined applications and infrastructure adalah peningkatan standar untuk infrastruktur pemrograman dan interoperabilitas data center melalui automation inherentcloud computing,DevOps, dan penyediaan infrastruktur. Dengan kata lain, secara mayoritas, vendor akan memilih untuk memberikan keuntungan bagi konsumen dalam bentuk simplicity (kesederhanaan), mengurangi risiko, dan konektivitas yang tinggi antar-aplikasi yang digunakan.
4.. Web-Scale IT
Web-Scale IT didefinisikan sebagai pola komputasi global yang memberikan layanan cloud dengan kapabilitas yang  besar dalam pengaturan teknologi informasi di perusahaan. Di tahun 2015, diprediksikan banyak perusahaan yang akan mulai membangun ekosistem teknologi informasi, baik aplikasi maupun infrastruktur, sekelas perusahaan internet besar seperti Amazon, Google, dan Facebook. Web-Scale IT ini akan berkembang dengan pesat, khususnya bagi perusahaan ritel yang fokus pada penjualan kepada konsumen melalui layanan e-commerce yang mereka tawarkan.
5.  Risk-Based Security and Self-Protection
Selain inovasi dalam hal teknologi populer seperti aplikasi yang bersentuhan langsung dengan end users,security dan dunia teknologi informasi merupakan hal yang sangat penting. Di tahun 2015 ini, security yang dikembangkan oleh perusahaan tak hanya fokus pada keamanan konvensional, seperti serangan hacker dan virus atau malware saja, tetapi lebih pada pengembangan security yang berdasarkan risiko, atau yang dikenal dengan istilah risk-based security. Selain itu, seiring dengan makin berkembangnya ekosistemcomputer everywhere, aplikasi security yang dikembangkan pun mulai mengarah pada self-protection, yaitu desain aplikasi security yang mengombinasikan active context-aware dan adaptive access controls yang langsung terkoneksi dengan aplikasi yang digunakan oleh karyawan.

0 komentar:

Posting Komentar