Kamis, 12 Juni 2014

PERBAIKAN PERIFERAL KOMPUTER

1. Monitor
Gejala kerusakan
Pada saat monitor sedang digunakan, trelihat bahwa monitor terkesan selalu berkedip dan tidak stabil. Hal ini umumnya disebabkan oleh pengaturan setting refresh rate monitor yang terlalu rendah. Refresh rate  adalah kemam
puan monitor untuk menampilkan frame setiapdetiknya. Jika kondisi ini dibiarkan, akan menyebabkan mata yang memandang layar monitor cepat merasa lelah. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, naikkan tingkat refresh rate monitor minimal 75 Hz.
Cara Mengatasinya

1)  Bukalah jendela Display Properties
2)  Masuklah ke tab Setting
3)  Klik tombol Advanced
4)  Masuklah ke tab Monitor
5)   Pada bagian monitor setting, aturlah refresh rate, sehingga tampilan    gambar tidak berkedip lagi
6)   Pastikan kotak Hide modes that this monitor cannot display dalam keadaan tercentang untuk memastikan monitor hanya mendukung tingkat refresh rate yang tersedia.
7)  Jika kotak tersebut tidak tercentang, akan menyebabkan Windows menampilkan tingkat refresh rate yang mungkin tidak didukung oleh monitor. Jika anda mengklik refresh rete yang lebih besar daripada yang didukung oleh monitor, maka akan menyebabkan monitor cepat rusak.
2. Keyboard
Gejala Kerusakan
Masalah umum yang terjadi pada keyboard adalah Tombol – tombol keyboard sering macet saat ditekan, atau dalam kondisi beberapa tombol keyboard tertekan terus.
Pada masalah di atas, umumnya disebabkan oleh debu atau kotoran yang yang sudah menumpuk di sela-sela tombol keyboard sehingga menyebabkan keyboard macet. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh kotoran yang berasal dari cairan minuman yang lengket.
Alat yang dibutuhkan
Penyedot debu mini atau menggunakan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersihyang aman.
Cara mengatasinya
Untuk mengatasi masalah keyboaar di atas, bisa dilakukan membersihkan keybord dengan kuas atau penyedot debu mini untuk membersihkan debu. Namun sebelumnya, balikkan keyboard dan cobalah untuk menggoyang-goyangkannya agar semua partiket kecil di sela-sela tits dapat jatuh. Bisa juga dengan menggunakan lap yang dibasahi cairan pembersih yang aman. Namun sebelumnya, pastikan keyboard telah dilepskan dari port-nya dan komputer dalam keadaan mati.
3. Mouse
Gejala Kerusakan
Mouse tidak terdeteksi oleh Windows, saat komputer sedang melakukan booting, dan windows memunculkan pesan bahwa mouse tidak terhubung ke komputer.
Cara mengatasinya
Jika masalah ini terjadi, ada kemungkinan koneksi mouse tidak terhubung dengan baik. Coba lepaskan dan hubungkan kembali koneksi monitor untuk memastikan koneksinya. Jika sudah mem-booting ulang koputer, namun masalah yang sama tetap muncul dengan mouse yang masih berfungsi dengan baik.
Jika sudah mengganti mouse, namun masalah tetap muncul, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada file driver mouse dalam sistem Windows. Jika ini terjadi, coba lakukan langkah-langkah berikut:
1)   Masuklah ke Windows dengan menekan Ctrl+Esc atau tombol logo   Windows pada keyboard.
2)   Gunakan tombol panah untuk masuk ke jendela Run
3)   Pada jendela Run, tuliskan “devmgmt.msc
4)   Dengan menekan tombol Enter, untuk masuk ke jendela Device Manager, gunakan tombol panah untuk mencari mouse.
5)   Hapus mouse dengan menggunakan tombol Delete
6)   Booting ulang komputer
Jika langkah-langkah di atas sudah dlakukan, tetapi masalah yang sama tetap muncul, ada kemungkinan port mouse-nya mengalami kerusakan. Jika ini terjadi, gunakan mouse tipe USB jika tidak inginmembawa motherboard ke service center.
4. Printers
Gejala kesalahan
Pada saat proses percetakan akan dilakukan, printer dalam keadaan ON, dan kertas telah terpasang dengan baik tetapi printer tidak mau bergerak, atau printer tidak mau mencetak dan proses percetakan dinyatakan gagal.
Cara mengatasi
1)   Pastikan konektor kabel data printer, terpasang dengan kuat ke casing.
2)   Pastikan kabel satu daya tersambung ke outlet listrik, tombol dalam keadaan on, dan lampu indikator berwarna hijau menyala
3)   Jika tidak mau mencetak, cobalah melakukan print test page. Caranya, klik Start —Printers and Faxes. Kemudian klik kanan pada printer yang digunakan, lalu pilih Properties. Kemudian akan muncul gambar di bawah ini  
4)   Masuklah ke tab General, lalu klik tombol  Print test page. Jika tombol tersebut diklik, printer bisa mencetak berarti tidak ada masalah pada printer. Jika tidak berarti ada masalah pada printer0nya atau pada koneksi port printer-nya.
5)   Adakalanya, printer tidak mau mencetak karena adanya antrian tugas pencetakan yang terhambat. Untuk memeriksanya, klik ganda ikon printer di taskbar, lalu akan muncul daftar antrian file yang akan dicetak.
Mungkin itu saja tentang Perbaikan Periferal komputer yang saya berikan, semoga bermanfaat…

0 komentar:

Posting Komentar